Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Asal Mula Nama Negara Indonesia

Asal Mula Nama Negara Indonesia


Berjumpa kembali dengan sobat blogging semua adalah harapan saya setelah kemarin saya tidak bisa on air di blogging ini, hari ini bersyukur saya sempatkan untuk berbagi sambil menjumpai sobat blogging semua, setelah mendengar kabar tentang Gempar berita oprasi motor bodong dan setelah hari itu saya sedikit sibuk beberapa hari, dan pada kesempatan ini saya akan kemas sebuah sejarah tentang, Tanah air tercinta ini. Bumi pertiwi Indonesia ini dulunya bukan bernama Indonesia, dari berbagai Negara menamai tanah Indonesia ini, dengan bermacam-macam sebutan dan slogan, apa saja kisahnya simak berikut ini

Sejarah

Baca juga sejarah lainya : Label Tentang Sejarah

Sejarah tentang Indonesia :

Ketika zaman dulu kala tepatnya mungkin masih, pada zaman purba kala, kepulauan tanah air Indonesia ini disebut dengan beraneka nama dan sebutan dari berbagai negara lain. Di langsir sejarah dalam catatan bangsa Tionghoa kawasan kepulauan Indonesia dinamai Nan-hai (Kepulauan Laut Selatan). Berbagai catatan kuno bangsa Indoa menamai kepulauan Indonesia ini dengan nama, Dwipantara (Kepulauan Tanah Seberang), nama yang diturunkan dari kata Sansekerta dwipa (pulau) dan antara (luar, seberang). Di ceritakan dari Kisah Ramayana karya pujangga Walmiki menceritakan pencarian terhadap Dewi Sinta, Snag Istri tercinta Rama yang diculik oleh Rahwana, sampai ke Suwarnadwipa atau Pulau Emas, yang sekarang ini bernama pulau Sumatra, yang terletak di Kepulauan Dwipantara atau pulau Sumatra.

Dan tak luput dari Bangsa Arab Saudi atau Negara Arab padang pasir, ini menyebut kepulauan Indonesia dulu kala dengan sebutan nama Jaza'ir al-Jawi atau (Kepulauan Jawa). Nama latin untuk kemenyan adalah benzoe, berasal dari bahasa Arab luban jawi (kemenyan Jawa), sebab para pedagang Arab memperoleh kemenyan dari batang pohon Styrax sumatrana yang dahulu hanya tumbuh di Pulau Sumatera. Sampai hari ini jemaah haji kita masih sering dipanggil "Jawa" oleh orang Arab. Bahkan orang Indonesia luar Jawa sekalipun. Dalam bahasa Arab juga dikenal Samathrah (Sumatra), Sholibis (Sulawesi), Sundah (Sunda) semua pulau itu dikenal sebagai kulluh Jawi dan dari kesemua'anya jemaah Haji Indonesia di kenal semuanya dari Jawa, walaupun asal mereka bukan dari pulau jawa.

Tentang Negara Asia dan Asia Tenggara :
Singgahnya beberapa Negara di pulau Indonesia, diantaranya : Bangsa Eropa yang pertama kali datang beranggapan bahwa Asia hanya terdiri dari Arab, Persia, India dan Tiongkok. Bagi mereka, daerah yang terbentang luas antara Persia dan Tiongkok semuanya adalah "Hindia". Semenanjung Asia Selatan mereka sebut "Hindia Muka" dan daratan Asia Tenggara dinamai "Hindia Belakang". Sedangkan Negara Indonesia dinamai dengan julukan nama "Kepulauan Hindia" (Indische Archipel, Indian Archipelago, l'Archipel Indien) atau Hindia Timur (Oost Indie, East Indies, Indes Orientales). Nama lain yang juga dipakai adalah. Kepulauan Melayu (Maleische Archipel, Malay Archipelago, l'Archipel Malais). Pada jaman penjajahan Belanda, nama resmi yang digunakan adalah Nederlandsch-Indie (Hindia Belanda), sedangkan pemerintah pendudukan Jepang 1942-1945 memakai istilah To-Indo (Hindia Timur)

Eduard Douwes Dekker ( 1820 – 1887 ), yang dikenal dengan nama samaran Multatuli, pernah mengusulkan nama yang spesifik untuk menyebutkan kepulauan tanah air kita, yaitu Insulinde, yang artinya juga "Kepulauan Hindia" ( Bahasa Latin insula berarti pulau). Nama Insulinde ini kurang populer. Pada tahun 1847 di Singapura terbit sebuah majalah ilmiah tahunan, Journal of the Indian Archipelago and Eastern Asia (JIAEA), yang dikelola oleh James Richardson Logan ( 1819 – 1869 ), seorang Skotlandia yang meraih sarjana hukum dari Universitas Edinburgh. Kemudian pada tahun 1849 seorang ahli etnologi bangsa Ingris, George Samuel Windsor Earl ( 1813 – 1865 ), menggabungkan diri sebagai redaksi majalah Jiaea

Dalam JIAEA Volume IV tahun 1850, halaman 66-74, Earl menulis artikel On the Leading Characteristics of the Papuan, Australian and Malay-Polynesian Nations. Dalam artikelnya itu Earl menegaskan bahwa sudah tiba saatnya bagi penduduk Kepulauan Hindia atau Kepulauan Melayu untuk memiliki nama khas (a distinctive name), sebab nama Hindia tidaklah tepat dan sering rancu dengan penyebutan India yang lain. Earl mengajukan dua pilihan nama: Indunesia atau Malayunesia (nesos dalam bahasa Yunani berarti pulau). Pada halaman 71 artikelnya itu tertulis :

The inhabitants of the Indian Archipelago or Malayan Archipelago would become respectively Indunesians or Malayunesians. Earl sendiri menyatakan memilih nama Malayunesia (Kepulauan Melayu) daripada Indunesia (Kepulauan Hindia), sebab Malayunesia sangat tepat untuk ras Melayu, sedangkan Indunesia bisa juga digunakan untuk Ceylon ( Srilanka ) dan Maladewa. Earl berpendapat juga bahwa nahasa Melayu dipakai di seluruh kepulauan ini. Dalam tulisannya itu Earl memang menggunakan istilah Malayunesia dan tidak memakai istilah Indunesia.

Ketika mengusulkan nama "Indonesia" agaknya Logan tidak menyadari bahwa di kemudian hari nama itu akan menjadi nama resmi. Sejak saat itu Logan secara konsisten menggunakan nama "Indonesia" dalam tulisan-tulisan ilmiahnya, dan lambat laun pemakaian istilah ini menyebar di kalangan para ilmuwan bidang etnologi dan geografi. Pada tahun 1884 guru besar etnologi di Universitas Berlin yang bernama Adolf Bastian (1826 – 1905 ) menerbitkan buku Indonesien oder die Inseln des Malayischen Archipel sebanyak lima volume, yang memuat hasil penelitiannya ketika mengembara ke tanah air pada tahun 1864 sampai 1880. Buku Bastian inilah yang memopulerkan istilah "Indonesia" di kalangan sarjana Belanda, sehingga sempat timbul anggapan bahwa istilah "Indonesia" itu ciptaan Bastian. Pendapat yang tidak benar itu, antara lain tercantum dalam Encyclopedie van Nederlandsch-Indie tahun 1918. Padahal Bastian mengambil istilah "Indonesia" itu dari tulisan-tulisan Logan. Pribumi yang mula-mula menggunakan istilah "Indonesia" adalah Suwardi Suryaningrat ( Ki Hajar Dewantara ). Ketika dibuang ke negeri Belanda tahun 1913 beliau mendirikan sebuah biro pers dengan nama Indonesische Pers-bureau. Nama indonesisch (Indonesia) juga diperkenalkan sebagai pengganti indisch (Hindia) oleh Prof. Cornelis van Vollenhoven (1917). Sejalan dengan itu, inlander (pribumi) diganti dengan indonesiĆ«r (orang Indonesia)

Indonesia Merdeka :
Pada tahun 1922 atas inisiatif Mohammad Hatta, seorang mahasiswa Handels Hoogeschool (Sekolah Tinggi Ekonomi) di Rotterdam, organisasi pelajar dan mahasiswa Hindia di Negeri Belanda (yang terbentuk tahun 1908 dengan nama Indische Vereeniging berubah nama menjadi Indonesische Vereeniging atau Perhimpoenan Indonesia. Majalah mereka, Hindia Poetra, berganti nama menjadi Indonesia Merdeka. Bung Hatta menegaskan dalam tulisannya :

"Negara Indonesia Merdeka yang akan datang (de toekomstige vrije Indonesische staat) mustahil disebut "Hindia Belanda". Juga tidak "Hindia" saja, sebab dapat menimbulkan kekeliruan dengan India yang asli. Bagi kami nama Indonesia menyatakan suatu tujuan politik (een politiek doel), karena melambangkan dan mencita-citakan suatu tanah air di masa depan, dan untuk mewujudkannya tiap orang Indonesia (Indonesier) akan berusaha dengan segala tenaga dan kemampuannya."

Di tanah air Dr. Sutomo mendirikan Indonesische Studie Club pada tahun 1924). Pada tahun 1925, Jong Islamieten Bond membentuk kepanduan Nationaal Indonesische Padvinderij (Natipij). Itulah tiga organisasi di tanah air yang mula-mula menggunakan nama "Indonesia". Akhirnya nama "Indonesia" dinobatkan sebagai nama tanah air, bangsa dan bahasa pada Kerapatan Pemoeda-Pemoedi Indonesia tanggal 28 Oktober 1928, yang kini dikenal dengan sebutan Sumpah Pemuda.

Pada bulan Agustus 1939 tiga orang anggota Volksraad (Dewan Rakyat; parlemen Hindia Belanda), Muhammad Husni Thamrin, Wiwoho Purbohadidjojo dan Sutardjo Kartohadikusumo, mengajukan mosi kepada Pemerintah Hindia Belanda agar nama "Indonesia" diresmikan sebagai pengganti nama "Nederlandsch-Indie". Tetapi Belanda menolak mosi ini. Dengan jatuhnya tanah air ke tangan Jepang pada tanggal 8 Maret 1942, lenyaplah nama "Hindia Belanda". Dan setelah itu lahir dan Merdekalah bangsa Indonesia yang tercinta seperti saat sekarang ini.

Dilangsir dari :
Rangkuman berita :http://sourceflame.blogspot.com/2010/12/asal-mula-nama-negara-tercinta.html
Dan beberapa sumber lainya tentang asal mula Indonesia ini

Kata ucapan :

Demikianlah sejarah tentang Asal Mula Nama Negara Indonesia ini, jika ada kutipan sejarah yang terlewatkan baik dari teks, atau penyampaian artikel ini, karena saya bukan ahli sejarawan, namun hanya mengabdikan diri sebagai rasa cintanya pada Negeri Indonesia tercinta ini, maka dari berbagai sumber ahli sejarah kini saya rangkum dalam satu wadah artikel di blog ini. mohon maaf jika ada kelalaian terima kasih atas partisipasi dan kunjungan anda, tetap semangat 45 dan tetap Merdeka,, semoga bermanfaat.

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

62 komentar

Oooo jadi begitu ya mas? asal mulanya nama negara kita tercinta ini.. :TS


PERTAMAX saya amankan lagi mas :yes |o|

Sangat lengkap sekali ya mas :)
Saya disini mendapatkan ilmu lagi hehe. Tapi sayang saya tidak pertamax :'(
AKU CINTA INDONESIA

Saya sepertinya lupa waktu sekolah dulu kang, trimakasih sudah mengembalikan memori.....

sekarang saya lebih dalam mengenal negara kita tercinta ini Indonesia
thanks mas Saud :D

Yah begitu Mas Yahya seperti apa yang saya tulis, selamat
Atas pertamxnya , tetap semangat 45 yah Mas :-bd

sudah lama tidak mengingat asal mula nama negara tercinta ini INDONESIA dengan artikel Asal Mula Nama Negara Indonesia ini semoga para pemuda pemudi INDONESIA kembali mencintai Negaranya sendiri dibandingkan negara lain :asik

Betul Mas namun ada sisi kisah yang kelewat Mas
Maklum kisahnya agak lama, mungkin banyak yang kurang
Lebih semangat lagi kaya Mas Yahya selalu dapat pertamax :ng
ACI Berarti yah Mas Luthfi :)

Yah Mas saya, pun dalam rangka mengenang masa di bangku
Sekolah, dan artikel ini sebagai obat Kerinduan pada Sahabat
Sekolahan saya. makasih kunjunganya :-d

Okee mas,, harus SEMANGAT pokoknya. :coffe

Harus semangat mas Luthfi.. :-bd

Teringat saya masa belajar subjek sejarah masa sekolah dulu..t.kasih atas perkongsian..

Betul yah Mas Ade Arif, harapan saya pun demikian
Semua Masyarakat Indonesia lebih Mencintai tanah airnya :)

sangat menambah wawasan mas, saya baru tahu kalau sejarah nama Indonesia adalah seperti yang dijelaskan di atas, makasih sharingnya mas :)
Mana nih kok nggak pernah mampir mas hehe...

Sama Mbak Fidah ini pun saya lagi mengenag sambil
Menghidupi sejarah Tanah air saya tercinta, makasih kunjunganya

Sip Mas Anthonie syukur deh jika begitu, maaf yah Mas saya baru
On air blogging lagi setelah kemarin of malam ini akan saya kunjungi
Semua jika saya ndak keburu cape. makasih kunjunganya :-bd

Oke sipp Mas Ferdon sam-sama yah pokonya ACI yah Mas? :mn

saya ini orang Indonesia tapi selama ini belum tau asal mula nama Indonesia, tapi sekarang udah tahu. terima kasih mas..

Jadi teringat akan pelajaran sejarah nie mas, terimakasih atas sharing infonya untuk mengingatkan kembali tentang sejarah asal mula nama negara kita ini :)

pembelajaran yang sangat sejarahwan bang,
ternyata sebelum kata INDONESIA diresmikan banyak juga nama indosia telah berganti-ganti ya bang, selama ini yang saya tahu hanya ibu kota aja yang selalu berganti-ganti sehingga yang menetap jakarta saat ini.

sangat bermanfaat menambah pengetahuan mas infonya, awalnya saya gak tau bagaimana sejarah asal usul nama indonesia, kini saya menjadi paham :)

makasih sharingnya yg sangat bermanfaat ;)

Yufs syukur deh Mas Budi jika sudah tau tentang tanah air
Tercinta ini, sama-sama yah Mas Budi +top

Iya pelajaran sekolah juga ini Mas, itung-itung mengenang
yah Mas Marnes.makasih kunjunganya

Betul Mbak Devy, kata nama Indonesia dulu nya sangat beraneka
Nama setelah adanya perjuangan Para pahlawan Indonesia
Di resmikan hingga merdeka seperti saat ini. :)

Sebetulnya saya juga baru merangkum sejarah ini Mbak Indri
Kalau mengetahui sudah agak lama namun akan di kemas
Dalam satu artikel tadinya takut gak lengkap kemasanya :mn

Oke Mas Yahya semaximal mungkin akan saya usahakan
Terima kasih atas partisipasi dan support nya *salam :doa

Oke Mas Yahya semaximal mungkin akan saya usahakan
Terima kasih atas partisipasi dan support nya *salam :doa

sejarah Indonesia memang menarik untuk didengar, tapi juga sangat meenarik untuk diperbincangkan, karena banyak sekali fakta yang bertolak belakang di Indonesia :)

Sudah lama saya cari informasi seperti ini. Mau cari ubek ubek di Wikipedia juga sanagt sulit dan kalau pun ada informasinya pasti sangat terbatas. Terima kasih sudah berbagi. Salam :)))))))))

wow ternyata panjang sekali ya kang sejarah nama Indoesia ini...hatur nuhun, sangat berguna sekali untuk menambah pengetahuan kita. Saya yakin orang Indonesia sendiri pasti banyak yang tidak mengetahui sejarah ini hehe

Pelajaran sejarah saya dulu
Pas pasan banget mas
Nah..sekarang dapet pencerahan nya..lewat posting ini
Terutama asal muasal sejrh negeri tercinta..

makasih infonya gan..ditunggu follbacknya

www.mas-feb.com

panjang juga ya mas sejarahnya, saya pernah belajar ini sewaktu SD :D

sejarah yang sangat panjang dan sangat menguras tenaga juga pikiran para pahlawan kita namun sekarang kadang semua itu tidak dihargai..renungan juga untuk semua warga indinesia

kadang saya bertanya-tanya nama negara saya (INDONESIA) ini dari sapa ya?
dan melihat pemaparan diatas jadi tahu sekarang
thanks infonya pak

selama jadi warga indonesia, baru kali saya tau asal mula nama Indonesia :D

kalau menurut saya lebih keren Nusantara daripada Indonesia

Sejarah sudah tertulis di agenda Buku Induk Indonesia yah Mas
Namun sajerah yang ada betul kata Mas Intan baknyak sekali yang
Bertolak belakang, kenapa dengan Masyarakat Indonesia ini..?
Lupa kah atas jasa para Pahlawan kita yah..? :heran

Silahkan Pak Asep namun jika ada penulisan yang kurang tentang sejarah Asal Indonesia ini mohon maaf. makasih Pak kunjunganya

Lumayan panjang sejarah nya Kang dan itupun sudah banyak
Pemangkasan kisah yang tertulis, dan kelanjutanya bias di next post

Sama sama Mas ok folback sudah succesful Mas Febri

Terima kasih buat sobat semua yang suadah berkunjung dan berkomentar
Di artikel ini, pendapat anda pastinya yang terbaik dan saya sangat menghargainya

Wah saya baru tahu sekarang asal mulanya,,,, sebelumnya tidak pernah terpikirkan asal mula nama negara kita itu dari mana hehehheee

baca sejarah awal nama Indonesia jadi berasa muda lagi nih, inget pas masih cinta cintaan monyet gituh jaman SD....makasih yah udah bikin saya jadi awet muda...;o)

Wah rumit juga nih kalau mau di hapalin, hehehe.. Tika waktu sekolah paling gak suka pelajaran sejarah, lebih suka matematika..

Kalau di lihat lebih jauh tentang sejarah Sob, bisa dilihat dari Kerajaan Majapahit, di mana pada waktu itu konon awal mula bendera merah putih pun dari sana, dan mungkin kalau ini hanya pemberian namanya saja ya Sob, sampai hari ini saya belum menemukan. Tapi sepertinya bila di telusuri dari jejak sejarah Majapahit mengenai Indonesia bisa ketemu titik terangnya. Itu sih baru barang kali sob. :D

Terimkasih atas sharingnya. Indonesia memang kaya :D

Salam,

iya mas, tetapi acaranya yang ada di tvri sudah tidak ada lagi
:D

saya baru tahu mengenai sejarah asal nama negara indonesia.. sejarah kesultanan melayu melaka juga ada kaitan dengan indonesia dan negara asia yang lain seperti thailand.. sangat menarik mata pelajaran sejarah untuk dipelajari.. :)

Sebagai warga negara Indonesia kita wajib mengetahui asal mula nama negara kita, jangan sampai kalo di tanya orang asing malah gelagapan he,,,
Makasih Kang infonya sangat bermanfaat :)

wuih mntabb...ahli sejarah nih bang saud...sipp artikelny :)

wah y nggak usah d hfalin atuh :)

Jd sebenarnya nama "Indonesia" itu pertama kali diusulkan oleh Logan atau Earl?

lengkap banget mas, detail penjelasannya. :-d

Wah brarti indonesia ini nama juga pernah dwiprantara ya mas heheheh .. mkasih ya info nya

Lumayan panjang yah Mbak Elsa, itupun belum semua
tertulis banyak bait dan tek yang di pangkas agar penulisan
Sejarah Nusantara Indonesia jadi sedikit singkat :)

sudah saya add google + nya mas.thanks

wah kang saud memang kita sewajar nya tahu asal muasal tanah yang kita tinggali :d

sebuah nama negara ternyata mempunya filosofi yang luar biasa ya mas. Jadi kita harus belajar ilmu sejarah apabila kita ingin kenal dekat dengan Indonesia :)

Sebagai orang Indonesia tulen ,jujur sayamah baru tahu sejarahnya indonesia secara detail begini,Ternyata Akang Karryst seorang sejarahwan sejati eayah ,,,Terimakaish kang telah berbagi ilmu pengetahuan....

Ternyata seperti itu ya Mas sejarahnya. Dari dulu saya masih bingung kenapa kok disebut Hindia Belanda, kok kayak nama India saja. Terus nama Indonesia ternyata juga bukan orang asli pribumi ya yang menciptakan :D

menarik gan, karena selama ni cuma tau merdeka merdeka aja :D

Mantep mas :D
harus kita ketahui dan kita pahami . sejarah terbentuknya nama indonesia :D

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger