Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Indahnya kebersamaan hidup lalui akan semuanya

Indahnya kebersamaan hidup lalui akan semuanya


Terlalu panjang sebenernya saya kasih judul pada artikel kali ini, kenapa coba.? kasih tau gak ya? mendingan kasih tau aja deh biar gak jadi penasaran hhh.. Sejatinya saya bingung untuk memberi judul pada artikel yang saya posting ini, namun kata bingung adalah keraguan dan kerancuan yang tak ada batasnya, karena bagaimanpun sebuah artikel baru pasti di butuhkan sebauh title judul. IKHLAS atau kepanjangan dari (" Indahnya kebersamaan hidup lalui akan semuanya" ) tapi itu menurut narasi saya saja, karena sesungguhnya arti dan makna dari kata Ikhlas ini sangat banyak saking banyaknya isi kandungan dari Ikhlas ini saya sampai hari ini masih belum sampai, dan belum mengetahui makna ikhlas yang sesungguhnya. setelah kemarin peras keringat banting tulang di sawah karena bertepatan dengan, Panen raya kawasan subang pantura Nah pada kesempatan ini sambil nyantai di rumah, sedikit Corat Coret hanya sebatas berbagi dan saling mengingatkan

Agama

Baca juga artikel lainya : Janganlah mudah Su,udzon dengan perasaan

Tentang Ikhlas :

Sangat mudah di ucapkan kata Ikhlas itu, namun sangat berat jika di lakukan dan di kerjakan makna ikhlas yang sesungguhnya. Apakah orang-orang tertentu yang memiliki ikhlas itu seperti Ustadz, Kiyai,Ajengan, atau Alim ulama, menrut saya orang tersebutpun belum tentu tingkatan Ikhlas nya pada titik yang sempurna, karena sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik Allah SWT, Manusia hanya berikhtiar dan berusaha mencapai kata Ikhlas itu, dan tingkatanya pun tidak bisa di nilai hanya sebatas penglihatan mata, sedikit yang saya tau dari Ustadz saya, tingkatan kata Ikhlas itu tidak bisa di ukur dengan apapun karena kata Ikhalas yang sejatinya, ada dalam hati yang terkandung dalam sanubari, hubunganya yang bisa mengukur hanyalah hati seseorang dengan yang maha kuasa, kurang lebih nya seperti itu namun maaf jika ada yang salah.

Cerita tentang Ikhlas :
Sedikit cerita tentang Ikhlas dan kejadian ini saya tau sekitar 15 tahun yang lampau, di sebuah kampunh yang agak jauh darikeramaian kota, seorang anak yang bernama Raka dan Slamet, dia teman dekat bisa di anggap CS kalau jaman sekarang, mereka masih duduk di sekolah dasar (SD) dan merekapun duduk di kelasnya satu bangku, si Raka ini anaknya kurang pandai sedangkan Slamet orangnya sangat pandai dalam menerima semua pelajaran dari Gurunya. singkat cerita mereka sedang menghadapi ulangan umum dalam satu, waktu mereka sebelum masuk sekolah mendadak belajar menghapal pelajaran yang hendak di laluinya, karena si Raka ini anaknya kurang pandai maka Raka pun mengajak Slamet untuk mengajarinya tentang pelajaran IPS dan Matematika, tanpa ragu dan bimbang Slamet pun memberikan ilmu dan pengetahuanya yang dia punya untuk memberitahukan tentang pelajaran IPS dan memberikan Ilmu hitung tangan Matematikanya, setelah satu jam mereka belajar akhirnya Raka pun sedikit banyaknya punya pengetahuan tentang pelajaran yang di berikan oleh Slamet itu.

Setelah mereka akan selesai belajar akhirnya mereka siap dan beres-beres buku karena jam masuk sekolah setengah delapan sedikit lagi, serentak Raka berkata, Terima kasih yah Met kamu sudah memberikan ilmu pelajaran yang kamu ketahui untuk saya. Slamet pun menjawab : Sama-sama Sahabatku kita harus tolong menolong jika saya mampu, Raka berkata lagi : Tetapi saya inget omongan Bapak saya lho Met..? Lho emang kenapa dengan Bapak kamu Ka,? kata Slamet, Kata Bapak saya" jika kamu meminta atau di kasih oleh siapapun itu harus mendapatkanya secara Ikhlas maksudnya si pemberi itu niatnya harus yakin Ikhlas dan tulus, kata Raka, Slamet menjawab" Jangan khawatir Bro saya Ikhlas dan tulus demi teman setiaku, Benarkah Met..? sungguh kamu setulus hati dan Ikhlas memberi saya Ilmu pelajaran tadi? kata Raka, Slametpun menjawab lagi, sungguh Ka, suer gue Ikhlas koq..? oh ya sudah terima kasih yah sahabatku atas kebaikan yang engkau beikan padaku, kata Raka sambil menjabat tangan slamet.

Singkat cerita setelah mereka masuk kelas dan ujian ulangan umum pun di mulai Raka dengan sigap dan cekatan mengisi so'al ulangan yang sedang di hadapinya, dengan sangat tak disangka antara pelajaran dari Slamet dan so'al ulangan tersebut kebetulan Raka banyak yang sama seperti yang di hapalkanya bersama Slamet. Sedangkan Slamet na'as setelah ulanganya di mulai dia malah tertidur di kelas karena duduknya di pisah antara Slamet dan Raka, akhirnyapun Raka tak bisa membangunkan Slamet sampai jam ulangan selesai. dan kejadian itu sering Slamet lakukan di jam saat ulangan tersebut, sampai akhir hari kenaikan kelas Slamet tak naik kelas karena hasil ungan akhirnya semuanya nihil, Slametpun merenungi sambil melamun.

Saya bingung kok Raka naik kelas saya koq ndak yah.. aja saja halangan dan rintangan yang menghalangi saya dalam menyelsaikan soal ulangan kemarin, saya malu sama Raka, dalam benak dan hati Slamet paling dalam timbul, kata yang menjadi penyebab di gagal naik kelas, tanpa pikir panjang serentak Slamet mendatangi rumah Raka yang kurang lebih 1Km dari rumahnya, sepontan berkata Temanku Raka, maafkan saya yah telah membohongimu, sewaktu saya mengajarimu dalam hati saya timbul angan-angan yang kurang baik,kata Slamet pada Raka. Lho koq begitu temanku katanya kamu Ikhlas kata Raka pada Slamet. Temanku, saya sewaktu mengajarimu tentang pelajaran sekolah walau bibir saya bilang Ikhlas 

Namun jauh di lubuk hati saya yang paling terdalam timbul perkataan yang tak di katakan padamu, kata Slamet. Raka menjawab : wah berarti saya menrima pelajaran dari kamu Tidak Ikhlas lahir bathin dong Met, Tidak tau lah teman makanya saya kemari saya mau minta maaf padamu kata Slamet. Yah sudah saya maafkan deh saya juga minta maaf yah Met? emangnya perkataan apa yang terselip di balik hatimu Met? kata Raka. Slamet menjawab : sewaktu saya mengajarimua di balik hati saya berkata, wah saya mengajari Raka, nanti dia pinter bisa-bisa saya di kalahkan deh..!!! begitu nadanya Ka, dan itu mungkin yang di Maksud : Indahnya kebersamaan hidup lalui akan semuanya atau ( IKHLAS )

Penutup :

Sekian artikel ini sampai disini, mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini, jika ada kesamaan nama atau tokoh juga cerita ini semata hanya renungan untuk di kaji dan di cerna kebaikanya, maafkan jika ada yang kurang sempurna, dengan niat yang tulus dan Ikhlas saya berbagi untuk membuat yang kita kerjakan atau kebaikan bisa sampai pada titik yang nama nya Ikhlas, kesempurnaan hanya Allah SWT kita manusia hanya berusaha dan berupaya, berikan yang terbaik untuk sesama dengan di dasari IKHLAS

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

51 komentar

Waaaaaaaaaaaaaah betul sob apa yg sobat posting itu...

Wah ane PERTAMAX kagak ya? =D

Sip Mas Yahya, terima kasih kunjunganya selamat pertamaxnya :-bd

setuju sama postingannya mas .. saya dapet yang keduax saja dech .. gpp

Oke makasih juga yah Mas Nucky, selamat keduanya :-d

Wah, ikhlas ini rumit juga untuk menerapkannya mas meskipun mudah untuk kita ucapkan. Terima kasih atas cerita tentang ikhlas (pengalaman mas Saud...???). Mudah-mudahan menjadi bahan renungan buat kita semua. Amiin.

saya setuju dgn pak uda awak...ikhlas itu gampang di lontarkan dengan kata2 tapi buat prakteknya walah butuh tingkat dewa buat sadar akan makna ikhlasnya :)

asyik ceritanya kawan,,,,,
semoga menginspirasi kami untuk belajar ikhlas,,,,

Terlalu mudah untuk mengucapkan kata ikhlas, yang justru akan mengurangi nilai dari keikhlasan itu sendiri

Betul yah Pak Uda + Mas Rachmat Ikhlas adalah sesuatu
Yangsedikit agak misterius jika di hayati maknanya

gak dapat pertamax saya
jauh ya ketinggalannya
hehehe

memang yang namanya ikhlas itu sangat-sangat susah sekali untuk menerapkannya
kalau untuk diucapkan saja mudah sekali.

Gak apa-apa ga kebagian pertamax yang penting premium masih kebagian donk :D

kata para ulama ilmu yang paling susah di dunia ini ya ilmu ikhlas, mudah untuk diucapkan tetapi sulit untuk kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari, ya paling tidak berusaha aja untuk terus belajar ikhlas :)

Jadi ingat bahwa bibir saya ini pun pernah berkata lain dengan apa yang ada di hati pak.. :)
Salah satu cara yang kadang saya gunakan yaitu dengan menanamkan sugesti pada diri sendiri bahwa semua yang kita miliki (harta,ilmu,badan) adalah semata titipan dan akan kembali ke Allah SWT.

Untuk sampai pada tahap Ikhlas itu memnag rumit dan tidaklah mudah, kadang manusia Ikhlas untuk suatu pekerjaan tapi tidak iklas di pekerjaan yang lainnya.

Ikhlas itu memang sangat sulit untuk dipraktikkan ya, demikian halnya sabar. Mudah diucapkan namun susah dilakukan.

Selamat berakhir pekan kang saud!

selamat siang Mas, dalam hidup ini ada 2 ilmu yang sampai detik ini belum bisa saya dapatkan, yaitu Ilmu Sabar dan Ilmu Ikhlas... sepertinya ke 2 Ilmu itu akan bisa saya dapatkan seiring dengan berjalannya waktu...

kulo nuwon mas Saud..
ikhlas merupakan tantangan yang sangat besar bagi kita tapi jika berhasil mengerjakannya kita akan mendapat nilai yang sangat besar pula.

Indah sekali jika hidup bersama. Kalau sendirian terus apakah akan menyenangkan? oh tentu tidak :)

Apalagi hidup cuma 1x ya, dan hidup harus punya arti.

Horeeee aku dapat pertamax... |o|

Silahkan yah Mas Mahfudi, semoga Ikhlas selalu di depan kan :)

wah.. keren gan.. ikhlas itu memang besar efeknya :-)

salam kenal.. blognya keren
di tunggu komen baliknya

Bisa juga seperti itu yah Mas Virlyz makasih atas pendapatnya Mas

Yah ya Mas Onqi, kata Ikhlas itu sangat Sulit penerapanya yah?

Betul sekali yah Mas Marnes Kata Ikhlas itu sangat susah,
Di cari dan berusaha saja susah, apalagi yang tak berusaha
Wah pastinya, bisa memberi tapi ujungnya gak Ikhlas, sia-sia deh :ng

Sangat dalam sekali kajian, Pak Wahab ini pantas sekali
Bapak seorang sosok Guru yang arif dan bijaksana yah Pak
Terima kasih atas pandanganya Pak Wahab, *salam santun :-bd

Ada benernya yah Kang Kata Ikhlas itu sangat panjang artianya

Betul yah Mbak Khaira sabar dan Ikhlas adalah sebuah kata
Yang jadi, prbincangan yang tak ada tepinya, makasih kunjunganya

hehem asyk ceunah yeuhhh
Dari iklas lah semua akan menjadi indah !!!

walaupun saya ga dapet pertamax dan keduax
tetapi saya mendapatkan pelajaran membaca post mas Saud ini
menjadikan hidup penuh dengan ke ikhlasan memang sangat berat yaa mas
tetapi saya akan berusaha untuk belajar
thanks mas :)

IKHLAS mudah untuk di katakan tapi perlu tenaga extra jika di lakukan,perlu belajar lagi untuk mendapatkan keiklasan(saya pribadi)terimakasih sudah mengingatkan

Ikhlas itu memang agak berat-berarat ringan ( nah lho bingungkan ) seperti ditulis diatas bahwa yang namanya Kiyai ,Ustad juga belum tentu tingaktan ikhlasnya mencapai 100%,apalgi saya hehehe,tapi alangkah baiknya kalau kita selalu berusaha untuk Ikhlas dalam segala hal,Contoh: Kalau comment di blog sobat bloger juga harus Ikhlas lho hahaha,

Tambahin atuh Kang,Ruly " Indah mempesona " kituh heuheu

makasih kisah renungannya mas karryst, sangat menyejukkan hati yg sedang galau, hehehe :D memang ikhlas adalah senjata ampuh yg membuat hati kita menjadi tenteram :)

kalau ikhlas yang dari hati itu yang paling indah yah mas Karysta, makasih sharingnya sangat menginspirasi sekali :)

wah terus saya dapet apa donk.. pertamax ludes premium habis... hikz hikz hikz

wah kalau ngomongin iklas susah susah gampang mas.. tapi pada kenyataanya memang lebih susahnya butinya masih banyak yang belum iklas mas termasuk saya, masih belum bisa menjalankan iklas yang sempurna tanpa embel embel pahala hehehe

Met pagi Kang Saud, izin mampir lagi
Met beraktifitas ya Mas. semoga makin sukses :)

kelapangan hati ..! keduanya...

Betul sekali ya. Mudah-mudah kita selalu ikhlas dengan sebenar-benarnya ikhlas.

Sangat mudah bisa ikhlas
Dg cara memberi tak mengaharap balas
Jadi apapun yg terlepas
Dapat dirasa puas

Ikhlas adalh ilmu tertinggi, Ikhlas menurt Imam hambali adalah sesuatu yang hanya Hati yg tau...:)

ikhlas itu mudah dikatakan, sulit dilakukan :)

ilmu tertinggi dan ilmu ampuuh :)

betul, ikhlas itu mudah mengucapkannya tapi sulit menjalaninya

Jadi bahan renungan buat qta...

Jadi berkebalikan ya nasibnya si slamet dan raka.. semua perbuatan emang harus dilakukan dengan ikhlas :TS

Leres Kang Ruly, kawitna niat upami di dasaran Ku Ikhlas
Insya Allah jadi Barrakah nya tah Sae pisan Kang Dede
Nambihana :ng hatur nuhun kasumpingana nya Kang :-bd

Terima kasih yah buat Sahabat ku semua, Mas Mbak, Bapak, Ibu yang
Sudah berkomentar dan pendapat yang positif, saya haturkan terima kasih
Yang tak terhingga, salam santun dari saya buat semua :-bd

jika kita ikhlas, insya-Allah hati kita juga tenteram..

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger