Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Rujak tumbuk keliling

Rujak tumbuk keliling

Kemarin siang cuaca di tempat saya sangat panas menyengat saking teriknya sampai minum air putih gak aturan karena dahaga yang diakibatkan panasnya cuaca dan hembusan angin seakan tak ada, Padahal kalau cuaca panas terus angin sepoi menghembus maka panas matahari tidak terlalu menyengat. Tetapi tadi siang panas nya full tetapi angin sedikit berhembus jadi yang terasa menjadi ongkeb atau bahasa jawanya nglekeb. Dan di tengah kepanasan itu sayup-sayup saya dengar pedagang menjajakan daganganya, dengan perasaan yang mabuk kepanasan saya segera bergegas keluar rumah dan setelah berada di beranda rumah, nampaklah si pedagang kelililng itu mendekati jalan di depan rumah saya. Ternyata pedagang keliling itu penjual Rujak Bebek atau rujak tumbuk. Wah pas sekali nih Mang saya lagi kepanasan makan Rujak enak nih....

Makanan 

Baca juga artikel menarik :  Semalam di Kota Sumedang

Rujak Bek-bek :

Rujak adalah jajanan kecil yang sering di lihat pada tempat yang sering anda lalui, seperti di pasar atau tempat hiburan ada juga pedagang rujak keliling. Pedagang rujak pada suatu tempat pasti berbeda-beda ada yang memakai dorongan atau gerobogan, ada yang memakai kendaran, ada juga yang di pikul dengan jalan kaki. Pada postingan yang saya tulis ini kebetulan Rujak Tumbuk atau rujak bek-bek, Yang artinya rujak yang di haluskan dengan Bambu atau juga batu yang di bentuk lesung/lumpang kecil tetapi di tempat saya. Tukang rujak tumbuk memakai batang bambu petung yang batang nya besar sebagai alat tumbuk manual untuk menghaluskan rujak tumbuk itu.

Bahan buah-buahan untuk membuat Rujak tumbuk itu sama saja dengan rujak kupas atau rujak iris. Namun sedikit ada yang berbeda karena rujak tumbuk sangat dominan memakai buah-buahan yang agak keras, sedangkan rujak iris kebanyakan memakai buah yang lunak. Jika anda ingin membuat rujak tumbuk sendiri juga bisa, Karena saya jika tidak ada yang jualan rujak tumbuk keliling atau yang mangkal. Kadang-kadang saya buat sendiri dan buah yang saya pakai sama seperti yang ada pada tukang rujak keliling itu. Jika anda berminat ingin membuat rujak tumbuk sendiri berikut peralatan dan persiapan buh segar yang harus anda siapkan terlebih dulu sebelum membuat nya.
Membuat Rujak tumbuk :
Potong bambu pitung pada ros nya dengan posisi bawahnya yang tertutup ros, Dan sebilah kayu sebagai alat tumbuknya . Bahan yang di butuhkan : Gula merah secukupnya sesuai dengan rujak yang akan di buat, termasuk Garam dapur juga cabe rawit sesuai dengan selera pedas anda, selanjutnya siapkan buah yang akan di buat Rujak Tumbuk itu. Buah-buahan apa saja yang akan di butuhkan untuk rujak tumbuk itu.?

Buah-buahan untuk rujak tumbuk :
*. Jambu batu atau jambu klutuk
*. Buah Pepaya yang mengkal
* Ubi jalar bisa juga Ubi cilembu deh.
* Pisang klutuk muda atau pisang remucu
* Bunga nangka atau kati babal
Atau buah lainya menurut selera yang anda sukai

Cara membuatnya :
Haluskan cabe rawit dengan garam secukupnya sesuai selera. pada batang Bambu pitung yang sudah anda buat itu. Setelah halus masukan gula merah nya juga, kemudian renggos atau tumbuk bersama tumbukan cabe rawit dan garam tadi, setelah halus masukan buah-buahan yang sudah di siapkan tapi, Buah harus di cuci bersih dulu dan di potong kecil, agar waktu proses penumbukan rujak akan lebih mudah dan cepat lunak. setelah bercampur antara buah dan tumbukan gula tadi dengan halus/lembut maka keluarkan rujak tumbuk itu, pada piring atau daun pisang. Dan selamat Anda berhasil membuat Rujak Tumbuk sendiri.
Selesai :
Demikian artikel yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga bisa menambah selera bagi Anda yang suka dengan jajanan kecil tentang Rujak tumbuk ini. terima kasih atas kunjunganya. semoga artikel ini bisa bermanfaat ... Selamat mencoba ... Salam blogging ...

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

66 komentar

Kang Saud ada2 aja nch, mlem2 bkin rujak, hehehe... met lembur aj Kang...

wah rujak tumbuk mah makanan kesukaan saya mas Karysta, kapan-kapa saya mau coba resep rujak tumbuknya :)

didaerah bandung mah kagak ada lagi bang rujak tumbuk ini, karena orang pedagang buah keliling sudah sekalian meberikan rujak iris,

ngiler liatnya, enaknya...bangi dong

Kalau ditempatku namanya bukan bekbek tapi bebek. kadang ada yang salah vokal , dikiranya rujak bebek ( hewan )

ini salah satu makanan kegemaran saya kang saud apalagi cabe nya yang banyak membuat makan sambil mengeluarkan keringat :d

selamat pagi kang karrysta,,_
wah cucok tuh kang.
sambil makan rujak juga sembari nonton semi final Liga Champion tadi malam.
Hehe

Mas Saud memang tau aja kesukaan Uda...Suka banget sama rujak mas. Kalau begitu buatan mas saud aja yang dikirim ke rumah Uda..hehehe. Selamat beraktivitas hari ini, mas..

seger seger .;..... ngidam rujak ....hahahaha :ng

cara pembuatannya mudah dan bahan2nyaa pun tidak susah dicari :D

ga tau kenapa saya ga suka sama rujak apapun itu. hehe

kalo liat rujak kayak begitu jadi pengen makan rujak deh mas hehehe

:rain paling enak makan rujak pas lagi hujan

Jambunyaaa... Seger kali keknya, Bang :D

hadeuh...masa iya pengen rujak kudu ke Subang dulu seh?!

sama ngga yah sama rujak bebek...kaya yang pernah Benyamin.S jual di filmnya musuh bebuyutan gituh kang...inget ngga coba?

salam sapa sahabat, dear mas saya minta maaf baru berkunjung,,, karena saya lagi ada pekerjaan jadi beberapa hari kedepan belum bisa BW... terima kasih ya mas atas kunjungan mas keblog saya kemaren,.....
selamat siang mas, o ya maaf OOT :D

Ada dua jenis makanan yang amat saya suka mas, pertama rujak dan yang kedua pecal tapi tidak pedas, heehee

Baru denger nih kang makanan ruaj tumbuk keling. Di derah saya, adanya cuma rujak cingur,.

maksudnya, rujak tumbuk keling kang...hehehe

Selamat sore Kang saud, aduh saya jadi ngiler nich apalagi panas panas gini enaknya bikin rujak :)

peringatan!!!!
ibu hamil dilarang membaca artikel ini bisa bikin ngiler.hahaha

aduh jadi ngiler :~

ternyata cara bikinnya cukup mudah yamas saud

kunjungan perdana, salam perkenalan, silahkan berkunjung balik ketempat saya, barangkali berminat saya punya banyak vcd pembelajaran untuk anak2, siapa tau anda mempunyai adik,keponakan atau mungkin anak yang masih kecil, vcd ini sangat membantu sekali dalam mengasah kecerdasan dan kemampuan otak anak, serta bagus untuk membangun karakter dan moral anak sejak usia dini, semoga bermanfaat dan mohon maaf bila tdk berkenan, trm kasih ^_^

Yah Mas Gun kemarin siang mabok panas yah majak aja
sama buah rujak bek-bek Kang Lembu mana kalongwewena?

Tuh kan Mas Anthonie juga suka denga rujak tumbuk ini, sip
Mas Anth, sama kaya saya. Kang Lembu ga apa-apa sih Kang
Kemarin saja saya saking pengenya, Ubi Cilembu dan Tahu
Sumedang, bela-bela'in saya Datang ka Kota Sumedang..?
Harr.. sumping kadinya teh,, teu tepang sareng Akang Lembu nya..?

Ohh gitu yah Mbak Devy,,? di tempat saya mah masih ada sih..
Tapi tukang buah dingin dan rujak iris juga ada juga tuh Mbak Dev,..

wah ini benar2 rujak segar kesukaan saya mas karryst :D ntar saya kalau ke jakarta lewat rumahnya mas karryst mau mampir agar disuguhin rujak tumbuk yg manis pedes, hmmm :)

makasih resep rujaknya, salam hormat n salam santun :)

malam malam begini berkunjung kesini eh disuguhui rujak bebek nih Kang Karryst,,,,bagi-bgi atuh Kang hehehe

wah mantab nih rujaknya...namanya juga asyik bang....rujak tumbuk keliling...hehe :)

kalo boleh tau, bambu pitung yang seperti apa yia bos?

bebek weh olangan...:p

Wah lagi ongkeb makan rujak, pastinya tambah hot tuh kang :D

hemmm, jadi ngiler nih...udah lama gak makan rujak lagi...

wah mantap banget mas karis malam malam makan rujak nih, jadi pengen coba rujak nya ;)

enak nya malam malam begini rujak apa ya ehehe

makan rujak malam - malam paling asik berduaan sama kekasih, jangan lupa kunci pintu, cuci kaki dan tidur heheeh

Yah itu Ms Djangkaru kalau saya tulis dengan nama Rujak Bebek
tar di kiranya Rujak Bebek --Hewan deh--- hhehehe :ng

Wuihh Mas Sopyan suka juga yah..? siip saya juga suka Mas :)

Kalau masih Pagi mendingan sarapan dulu, baru makan Rujak ya
Mas Erick biar gak mules perut nya :)

wah mampir pagi langsung di sughin rujak nih hehehehe

Mas, rujaknya satu ya tapi gak pakek buah.. nah loh kok? wkwkw


Salam kenal dari Aprialdigs blogger. Jika ada kesempatan mampir di 'rumah' saya :)
Kunjungan Perdana.

selamat pagi setengah siang maz kariz . . .
kayaknya jam -jam segini enak niyh maz makan rujak , , ,
jadi kepengen iyh maz

berkunjung di kamis siang yang sedikit mendung, salam

monggo lngsung dipun rahapi kemawon :D

rujak bek2 buatan mbo bariah di pelem unyil laku keras..sampe2, pak ogah ..malakin org dijalan, yg lg ngidam sgt cocok nih Mas..

waw rujak .. istimewa.. :D

Tukang rujak tumbuk ini udah mulai ngetren juga yah hahayy biasanya didaerah saya juga cuman ada di taman kota tapi sekarang udah masuk desa :D

Mang Yono kayanya Majak yang lain lebih enak deh
Monggo njih Kang Zeer di raosan njih...?

rujaknya bikin ngiler....tapi kok dikasih nama rujak bek-bek ya....
apa ada ada hubungannya dengan bebek....
keep happy blogging always,,salam dari makassar ;-)

kalo di tp saya sekarang dah jarang di temuin mas..wah bisa ijin foto kopi resepnya nih..buat nyoba bikin sendiri :)

bunyi nya yg bek..bek..
kali bang

Mangga Kang Dede kalau Mau Mas, Kang Lembu suka Bebek juga..?

Silahkan mau Rujak mah Mas, yah penulisanya pakai Bek-bek
Tapi bacanya Bebek, tapi bukan Bebek unggas(Hewan) betul
Kata Mas Purnomo, bunyi membanya jadi Rujak Bebek :ng

Mas Pur tinggalny di Kota pastine, jarang ya Mas tukang Rujak Bebek
Itu, kalau di Kampung saya masih banyak lho Mas,. silahkan Mas Pur

Malam yang cerah gini kumpul bareng temen enak juga kalau ngarujak ya Kang Saud

Bikin ngiler nih Kang Saud Rujak nya mau dong :mn

pesen satu kang,,yg pedess,,,malem2 enak ngerujak kayaknya

Wah sepertinya mantep tenan nie rujak tumbuknya, di daerah saya mah sepertinya gak ada yang jualan rujak tumbuk keliling mas :)

he.............m jadi kemecer mas liat rujak hehehehe
Slamat malam dan slamat beristirahat mas Saud

Makanan rujak tumbuk ini mengingatkan makan kesukaan saya mas, dan sampai sekarang kalau ada yang lewat kesringan saya beli, rasa bumbumnya khas banget deh tuh. he,, he, he,,,


Salam

ditempat saya masih ada satu atau dua pnjual kelilingnya kang..
Oya disebut rujak bebek mungkin karena rujaknya di bebek kali ya kang..
bebek kan bhsa sunda yg artinya tumbuk ^_^

jadi inget dulu waktu jaman SD ini jajanan favorit saya. sekarang udah jarang yang jual

Rujak tumbuk ini rujak bebek ya hiihi

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger