Selamat Datang di Blog Karrysta buat Sobat semua
Kunjungan Anda ini sangat bermanfaat sekali untuk kelangsungan dan ke lestarian Blog Karrysta,
Semoga apa yang saya Bagikan di sini senantiasa bisa bermanfaat dan memberikan motivasi dan apresiasi untuk kita semua
Mudah-mudahan silaturrahmi dan Ukhuwah antar blogging semakin erat untuk tetap saling berbagi Terima kasih .. Salam hormat.

Pendidikan anak usia dini

Pendidikan anak usia dini

Sebenarnya program Pendidikan anak di usia dini itu sudah lama berjalan, Namun saya baru jelas dan paham tujuan dan pentingnya program belajar dan mengajar itu. Di tempat tinggal saya ada beberapa Paud yang didirikan oleh pemerintah, dan pada setiap Desa juga setiap dusunya tempat pendidikan Paud itu didirikan. Sangat bermanfaat sekali dengan di canangkanya tempat belajar Paud ini, kenapa begitu yah jelas sekali sebelum putra-putri kita bisa lebih mengenal tentang pengetahuan dan Pendidikan sebelumnya. Paud ini seperti Teka (Taman kanak-kanak) sepintas saya lihat, Namun ada nilai lebih di banding Teka. Karena di Paud menjurus semua pembelajaran dari mengasah IQ Pada anak dan juga melatih penegtahuan juga system daya ingat untuk pengenalan, pada materi pelajaran dan banyak lagi pengenalan awal untuk belajar pada Anak. Malahan kalau di daerah sayakan mayoritas menganut keyakinan ISLAM jadi Mata pelajaran tentang Agama Islam sangat di utamakan. Tapi saya kurang tahu deh pada daerah dan di Kota lain. Karena saya bukan pengamat Pendidikan, jadi hanya di tempat saya saja yang sekiranya saya ketahu tentang PAUD ini.

Pendidikan

Baca juga artikel lainya :   Jenis tanaman perdu di sekitar kita

Keberadaan PAUD di setiap daerah :

Dengan adanya Pendidikan anak usia dini (PAUD) Sangat membantu sekali untuk tumbuh kembangnya anak kearah pendidikan di tarap yang paling dasar, seperti anak saya yang berumur 4 Tahun sebelum masuk TK Saya masukan saja pada pendidikan Paud itu, mulanya sih diantar oleh Mamahnya namun lama-lama setelah banyak mengenal teman sependidikanya akhirnya sekitar 5 Hari hanya mengantar dan menjemput saja, Jadi sekarang Mamahnya Raka gak nungguin waktu Dede Raka belajar di Paud. Hampir semua di Desa juga di semua Kampung dimana saya tinggal. Program pendidikan Paud itu didirakan dengan biaya yang lumayan tidak sedikit. Dengan tekstur sebuah bangunan yang menyerupai gedung sekolah denagn biaya dari pemerintah dan bantuan Masyarakat setempat, Tempat Paud itu didirikan mungkin jenis dan pola bangunanya pasti berbeda pada setiap tempatnya. Namun pada dasarnya sama Paud untuk tempat belajar dan mengajar, Dan Juru didiknya nya bermacam-macam yang di datangkan untuk jadi pengajar di Paud ini.
Paud yang belum bisa di manfaatkan :
Menyikapi kesuksesan belajar dan mengajar di Paud itu tidak semuanya mulus dengan apa yang semua kita harapan. Ada sebagian Dusun di Desa tertentu yang tidak memanfaatkan ada nya Paud itu. Awalnya sih seperti kaya beneran semangat dengan beberapa juru didik yang di datangkan dari Guru yang sudah PNS sampai yang honor, dan ada juga dari Kiayi juga Ustadz, tapi tidak bertahan lama bekisar 6 bulan berjalan dan sampai saat ini, Gedung pendidikan Paud di tinggalkany kosong tidak ada lagi kegiatan Belajar dan mengajar. Saya kurang tahu apakah murid nya emang tidak ada apa Guru pengajarnya yang tidak ada, Tetpi melihat pemandangan itu saya tersentuh hingga artikel ini saya buat. Maksud dan tujuan saya hanya peduli dan prihatin kenapa tindakan yang baik untuk Generasi muda yang baik di masa depan ini tidak bisa di realisasi kelanjutanya.? Sayangnya saya hanya Masyrakat biasa yang hanya bisa berkata dalam hati karena sesungguhnya ada pihak yang lebih berwenang dalam hal ini. Namun sampai saat ini juga Beberapa Paud yang masih belum beraktivitas kembali, masih belum ada tindakan dan upaya untuk kembali beraktivitas.
Menyikapi kesimpulan tentang PAUD :
Kalau kitarengkan tentang tulisan saya diatas sungguh sangat di sayangkan yah Sob..? Dulu jaman saya ingin belajar sangat sulit sekali. Walau dulu cita-cita saya tinggi setinggi langit, Namun sayang dengan keterbatasan sarana belajar yang masih jarang dan sangat jauh jarak tempunya, Namun dengan economy orang tua saya yang pas-pasan saya berusaha keras agar tetap belajar agar kelak saya bisa untuk lebih baik dalam segala hal, Walau tinggal di Desa yang jauh darikeramaian Kota namun cita-cita saya dulu sangatlahluhur. Tetapi Jaman sekarang sangatlah berbeda sekali dengan sarana yang sangat mudah di dapat dan jarak tempuh tak jauh dari rumah malah semakin malas dan waktu belajar seolah di buat mainan, ohhh sanga Prihatin ckckck

Semoga saja pihak yang lebih berwenang dalam hal ini lebih memperhatikan, agar masa depan belajar anak pada usia dini lebih berjalan sesuai dengan prosedur, Dan semoga saja saya menaruh harapan pada Presiden siapa saja yang terpilih, Semoga bisa menjadi Bapak Negara yang lebih memperhatikan tentang pendidikan juga perekonomian dan semua sarana dan prasarana yang lebih baik lagi, agar Bangsa Indonesia ini bisa kembali Lestari dan bisa menjadi Bangsa yang bisa di kagumi pada semua Negara, (Amin) Terima kasih atas waktu yang sudah anda sempatkan untuk membaca artikel ini. semoga bisa bermanfaat ... salam blogging ..

Berlangganan lewat email pada post baru Blog : Karrysta.

Next
« Prev Post
Previous
Next Post »

28 komentar

memang seharusnya begitu kang,,_
untuk PAUD sendiri seperti TK dan pokok bahasan seputar ISLAM di tempat berjalan lancar kang,,_

Semoga saja begitu yah Mas Erick pendidikan
Pada bangsa ini semakin maju dan berkembang

semoga artikel ini di baca anak sekolah zaman sekarang mas, karena saya sendiri juga sudah melihat langsung tingkah laku anak sekolah sekarang ini sudah parah. bayangkan saja ada anak sekolah berbuat mesum di ruangan kelas, coba bagaimana itu ? apakah pendidikan moral sudah tidak ada lagi atau bagaimana saya tidak tahu. Thanks mas Saud :)

Yah Mas Ferdon saya juga sangat Prihatin dengan anak
Sekolah jaman sekarang ini. makasih atas pendapatnya :-bd

jadi inget tahun 20120 sampe 2012, saya ngurusin PAUD sampe tingkat paket C binaan PNFI regional 1 bandung.....seru sekolah bareng anak PAUD teh da...:)

Selamat pagi mas Saud...
Pendidikan anak usia dini ternyata pondasi dasar untuk pendidikan anak berikutnya...Tetapi memang sangat disayangkan, pengelolaan PAUD dilakukan separuh hati, termasuk di tempat tinggal saya mas...

sangat penting sekali pendidikan anak usia dini..
tapi sayangnya indonesia kurang tegas dalam mendidik anak .. jadi bnyak anak yang putus sekolah akibat kurang biaya :(

Kanak2 seusia ini memang sepatutnya diberikan pendedahan kepada pendidikan awal...harap semuanya dipermudahkan..

pendidikan anak usia dini memang sangat dibutuhkan mas, untuk masa depan bangsa :D

Kalo bikin PAUD sekarang ini juga banyak bantuannya kok, Bang.. Soalnya ibu (tante) ku bikin juga. Heheh..

Tapi ada desa di sini yang warganya ngga mau masukin anaknya ke PAUD, katanya lebih bagus bantuin di ladang atau sawah. Kasian ya. Miris aku dengernya :(

Pendidikan anak usia dini merupakan masa penting, karena awal kehidupan anak merupakan masa yang paling tepat dalam memberikan dorongan atau upaya pengembangan agar anak dapat berkembang secara optimal. Apa yang dialami anak pada masa awal pertumbuhan dan perkembangannya akan berdampak pada kehidupannya dimasa yang akan datang.

Oleh karena itu pada masa-masa usia dini perlu dilakukan upaya pendidikan yang meliputi upaya stimulasi, bimbingan, asuhan dan pemberian kegiatan pembelajaran untuk mengembangkan berbagai potensi yang dilakukan anak melalui pengembangan kurikulum.

memang sangat penting pendidikan usia dini, sangat disayangkan banyak anak anak pintar yang berhenti sekolah karena masalah biaya..

belajar sjak dini harus tuh mas ... apalagi ttg agama ... ::)

mayoritas di tempatsaya kalau Paud ibuk ibuknya ikutan sekolah juga Mas Saud hehehe

Bener sekali mas, pendidikan anak usia dini sangat perlu. contohnya saja adik saya yang taun kemarin ikut paud..
jadi agak baik dan pinter tentunya :D

pendidikan anak usia dini memang sangat penting, untuk mengajarkan anak untuk disiplin salah satunya :)

pendidikan sejak dini yang akan selanjutnya membentuk karakter anak

dusunku PAUDnya gag berjalan lancar mas,,,, maklum dusunku kudet, bunet,,, lengkap pkoknya...

semoga saya bisa membangkitkan dusun saya suatu saat nanti ya mas.....
selamat sore mas, maaf baru kunjungan mas, soalnya baru pulang dari dusun...

Wah keren yah Kang Lembu pernah jadi pembina
Pada Paud itu yah Kang..?

Betapa pentingnya membekali pengetahuan anak sejak dini...sarana bermain sambil belajar akan lebih mudah meningkatkan kreativitas anak

Yup, pendidikan sejak dini sangat penting dan diperlukan. Karena pendidikan sejak dini dapat membentuk kepribadian mau menjadi seperti apa seorang anak nantinya.

perlu diterapkan nih pendidikan anak usia dini agar anak dapat berkembang secara maksimal,

kalau menurut saya lembaga Paud saat ini belum begitu maksimal...walau mungkin tujuannya sudah jelas di atas kertas, namun dalam penerapannya masih banyak sekali paud yang tidak lebih dari tempat penitipan anak semata...di desa saya juga seperti itu masih banyak...salam hangat dan hormat :)

kalau di perkotaan sih sudah banyak di terapkan mas.. namun untuk daerah pedesaan sepertinya masih kurang mas... setau saya sih kalau di desa paling kurang untuk hal pendidikan untuk anak mas...?

ibu guru paling sabar ya PAUD ini ya maz . . . .
pengen dah punya istri guru PAUD , ,wwkwkwkwkw

Semoga dengan semakin banyaknya perguruan tinggi yang membuka program studi PGPAUD bisa membuat pendidikan anak usia dini lebih baik lagi ke depannya. Dan semoga dengan di sharenya artikel ini bisa menggugah mata Pemda setempat bahwa masih banyak PAUD yang belum dimanfaatkan dengan maksimal.
Salam pak.

sekarang ini memang anak usia dini sudah pada sekolah mas, karena memang pendidikan nya semakin keren di indonesia :D

Jangan Komentar Promosi, Link Hidup, Spam Karena akan terhapus
Silahkan untuk "Follower blog, atau Berlangganan Lainya" di blog ini
Untuk Mengkonversi kode dan icon Smiley silahkan Klik dibawah ini

Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show SmileyHide Smiley Follower

Terima Kasih atas Kunjungan dan Komentar nya
Copyright © 2015. Karrysta - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib | Modified : Saud Karrysta | Proudly powered by Blogger